Raiser Ikan Hias dan Konsumsi

raiserRaiser ikan hias APY merupakan bagian dari Akademi Perikanan Yogyakarta yang dibangun di sebelah timur kampus. Letak raiser yang berdekatan dan berbatasan langsung dengan kampus dimaksudkan agar mahasiswa dapat melihat langsung aktivitas ekonomi yang terjadi di raiser. Disamping itu memudahkan mahasiswa untuk melakukan observasi, penelitian serta praktikum secara langsung di raiser. Pembangunan raiser bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam bidang budidaya, kewirausahaan, maupun pemasaran ikan hias.

Dengan adanya raiser maka mahasiswa dapat belajar secara langsung mengenai penjualan ikan, penyeleksian/ grading, serta dapat menangkap permintaan langsung konsumen terhadap ikan hias yang berkualitas. Diharapkan pengetahuan yang diperoleh secara langsung dan dibekali dengan pengetahuan dasar pada saat kuliah akan memantapkan pengetahuan tentang wirausaha perikanan serta berbagai hal penting berkaitan dengan ikan hias serta ikan konsumsi.

Raiser ikan hias dan ikan konsumsi menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki Akademi Perikanan Yogyakarta disamping kolam indoor dan otdoor serta kolam-kolam pembesaran ikan. Berbagai fasilitas kolam penelitian serta kolam penjualan diperlukan untuk mencetak lulusan APY menjadi enterpreneur perikanan yang sukses serta mengerti betul berbagai hal berkaitan dengan dunai perikanan. Hal ini yang menjadi andalan serta keunggulan program D3 sehingga banyak diminati dunia kerja karena selama kuliah banyak melakukan praktek langsung dan penelitian sehingga lebih terampil dan unggul dalam hal teknis.

Aset yang dimiliki oleh raiser pembantu Akademi Perikanan Yogyakarta berupa kolam penampungan ikan hias pada lahan 1500 M2 dan kios-kios ikan hias dan konsumsi dengan rincian kolam:

1. Kolam ukuran 2 M x 2,5 M sebanyak 36 buah

2. Kolam ukuran 10 M x 10 M sebanyak 5 buah

3. Kolam ukuran 6 M x 6 M dengan rencana digunakan sebagai kolam show koi

4. Kolam ukuran 1 M x 2,5 M sebanyak 8 buah

5. Kios penjualan ikan hias dan ikan konsumsi ukuran 3 M x 6 M sebanyak 3 buah

6. Kios penjualan ikan hias dengan ukuran 3 M x 4 M sebanyak 9 buah

Raiser APY memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi perkembangan APY. Manfaat yang diperoleh antara lain:

1. Sebagai sarana penghubung APY dengan masyarakat melalui usaha perikanan

2. Sarana laboratorium kewirausahaan mahasiswa APY

3. Mahasiswa mempelajari grading/seleksi ikan hias dan penentuan harga ikan hias berdasarkan kualitas dan pemasarannya

4. Memberi kemudahan dan jaringan dalam membangun relasi dengan pihak lain


Priadi Setyawan, S.Pi. M.Si.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: